Cara Reboot dan Reset Android Anda dengan mudah

Kadang-kadang sesuatu tidak berjalan dengan benar dan mengetahui bagaimana cara 'hard reboot' atau mengatur ulang perangkat Android Anda bisa sangat berguna.

Agar lebih baik, saya berpikir yang terbaik  adalah dengan menjelaskan perbedaan antara 'Reboot' dan 'Reset'. Reboot sama seperti restart, mematikan dan kemudian menyalakan perangkat anda. Tujuannya adalah untuk menutup dan membuka kembali sistem operasi.

Reset di sisi lain berarti kembalikan perangkat ke dalam keadaan awal saat Anda membeli ponsel Anda. Reset juga berarti menghapus semua data pribadi Anda.

Meskipun dalam istilah meraka tampak sama tapi meraka sebenarnya sangat berbeda.

Soft dan Hard Reboot

Reboot atau restart adalah cara jika ponsel atau tablet anda mulai bertingkah lucu atau bahasa gaulnya 'hang' / lag tanpa sebab, jika Anda mengalami salah satu dari gejala-gelala tersebut yang Anda butuhkan untuk reboot adalah tekan tombol 'power' dan pilih 'restart'. Hal ini juga dikenal sebagai 'soft' restart.

Tetapi bagaimana jika perangkat Anda freeze, ngeblank atau tidak reponsif dan anda tidak dapat memunculkan menu restart....Apa yang Anda lalukan?

Anda dapat melakukan hal yanng disebut sebagai 'Hard reboot.
Tergantung pada perangkat anda, hal ini dapat dilakukan dengan menekan kombibasi tombol. 

Dalam sebagian besar perangkat Android, Anda harus secara bersamaan menekan tombol daya/power dan volume bawah selama 5 detik. Ini seharusnya bekerja pada perangkat default Android seperti Google Nexus dan Google pixel, Samsung Galaxy, dan LG.

Beberapa perangkat lain, seperti kebanyakan ponsel Motorola yang sdikit berbeda, prosedurnya sama tapi bukanya menggunakan tombol volume bawah melaikan tombol volume atas.

Factory Reset

Jika anda perlu mengatur ulang perangkat Android Anda ke setingan pabrik (jika Anda ingin menjual atau berganti ponsel baru), ada dua cara untuk melakukan reset.

Android menawarkan pilihan soft reset built-in, tersedia di menu pengaturan ponsel Anda. Buka pengaturan, pilih Backup & reset dan pilih 'Reset Data Pabrik'. Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi. Setelahnya posel Anda akan dihapus yang meliputi data priadi akan bersih seperti baru dikeluarkan dari kotak. Sebagai catatan, kartu memori yang dimasukan tidak akan disentuh atau dihapus. 

Akhirnya, ada 'Hard' reset. ini adalah jalan/usaha terakhir, Skenario yang paling umum untuk menggunakan opsi ini adalah karena terjadi kerusakan pada OS, ada suatu yang salah atau perangkat Android Anda tidak boot dengan benar.

Cara untuk melakukan Hard reset :

  • Matikan perangkat Anda.
  • Tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan sampai Anda mendapat menu bootloader Android.
  • Dalam menu bootloader Anda dapat menggunakan tombol volume untuk beralih  ke pilihan yang berbeda dan tombol power untuk masuk / pilih.
  • Pilih opsi 'Recovery Mode'.
  • Anda seharusnya melihat kalimat 'no Command' di layar hitam.
  • Tekan dan tahan tombol daya / power. Sambil menahan tombol power tekan dan lepaskan tombol volume atas.
  • Sekarang Anda akan melihat menu daftar dengan pilihan untuk Wipe data / Factory reset.
Setelah memilih opsi Reset pabrik, Anda akan diperingatkan bahwa anda akan menghapus semua data pengguna, pilih 'yes' dan perangkat Anda akan dikembalikan ke pengaturan / keadaan pabrik.

Komentar