Cara Menggabungkan dan mengahapus kontak duplikat di Android

Ini bukan hal terburuk yang dapat terjadi pada smartphone Anda, tetapi jika Anda memiliki banyak sekali duplikat kontak, itu sangat mengganggu kenyamanan Anda saat berkomunikasi degan teman dan keluarga, mungkin untuk mengirim pesan atau untuk sekedar mecari nomer lama.

Apalagi mencoba untuk berkomunikasi dengan menggunakan bantuan asisten suara google. Kabar baiknya, masalah ini dapat dengan mudah di kelola dan diatur.

cara pertama, 

Dari Ponsel Anda

Aplikasi bawaan ponsel Android harus menjadi hal pertama untuk dicoba.

Masuk ke 'Kontak anda - saya mencoba ini pada ponsel LG dan Samsung, tapi tergantung merek ponsel Anda karena terdapat sedikit perbedaan pada tiap-tiap ponsel Android - pasa aplikasi, tekan tombol menu>manage contacts/mengelola kontak>kemudian pilih 'Merge'. Sebuah layar dengan semua kontak duplikat akan muncul sehingga Anda dapat mengkonfirmasi yang Anda ingin menggabungkan satu per satu.





Cara kedua,

Dari browser desktop / kontak Google Anda

Metode/cara kedua dibuat karena tersedia pada Akun Google Anda. Masuk ke Akun Gmail Anda dan pergi ke Kontak Anda (atau masuk langsung dari link ini ). Di sidebar kanan ada pilihan 'Duplikat', yang akan menampilkan daftar nama kontak yang akan digabung. Pilih 'Merge' pada masing-masing kontak dan selesai.




Peringatan tambahan

Dua cara di atas adalah cara alternatif termudah dan dapat diakses dengan mudah karena merupakan fitur bawaan yang disediakan Google untuk menggabungkan ribuan kontak dan ratusan duplikat.

Tetapi hati-hati ada banyak bertebaran aplikasi di Play Store dengan fungsi yang sama bahkan ada beberapa yang mempunyai fitur otomatis menggabungkan dengan satu kali klik. 

Saya sarankan Anda untuk tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan alasan kemanan privasi anda dengan membiarkan pihak ketiga meminta kredensial akun Google Anda semata-mata untuk tujuan ini.

Komentar