Fitur Android yang sedikit diketahui dan sangat berguna

kekuatan Android ratusan juta perangkat mobile di seluruh dunia. keterbukaan telah membuatnya menjadi favorit bagi konsumen, pembuat ponsel dan developers, 

Sementara kemampuannya untuk berjalan di semua jenis perangkat keras telah mendorongnya mengambil alih, bahkan Windows sebagai OS terpopuler ketika mengukur penggunaan internet global di desktop, laptop, tablet dan mobile digabungkan.

Sepanjang minggu saya akan berbagi beberapa tips yang meliputi kinerja, keamanan, manajemen data, serta alikasi android terfavorit. 

Tanpa basa-basi, mari kita langsung membahas beberapa fitur yang  mungkin tidak akrab/familiar dengan Anda untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman dari perangkat Android Anda.

Screen Pinning



Pin ke layar awalnya diperkenalkan dengan Android Lollipop 5.0 sebagai cara untuk mengunci layar ponsel Anda ke aplikasi tertentu. 

Hal ini dapat berguna dalam situasi tertentu apakah karena alasan privasi atau hanya untuk menjaga pikiran Anda tenang. Misalnya, jika Anda menjaga anak Anda untuk tetap terhibur dengan permainan dan tidak ingin dia menjalankan aplikasi lain atau tidak sengaja menghapus sesuatu, atau jika Anda perlu untuk menyerahkan telepon Anda ke orang lain dan tidak ingin mereka melihat hal lain selain aplikasi tertentu.

Untuk mengaktifkan pin ke layar - jika tidak secara default - langsung ke menu 'keamanan' dalam pengaturan ponsel dan aktifkan fitur ini, membutuhkan kode untuk melepas pin (opsional). Dari sana Anda dapat menuju ke aplikasi yang ingin disematkan/ di pin, tekan tombol recent apps dan tekan ikon pin pada setiap aplikasi di bagian bawah kiri aplikasi.

Aktifkan Mode Tamu / Guest Mode



Pilihan lain yang kurang membatasi ketika Anda perlu berbagi perangkat Anda adalah dengan mengaktifkan 'Guest Account'. Profil tamu dapat melakukan sebagian besar hal yang sama dengan pemilik perangkat (Anda), namun aplikasi pada perangkat tidak akan terhubung ke akun Anda, menjaga file dan pesan aman dari mata yang kepo.

Untuk beralih ke akun tamu Anda dapat pergi ke bagian 'Pengguna' dalam pengaturan perangkat Anda dan membuat akun tamu, Anda juga dapat membuat profil baru (rekening keluarga, misalnya) dan masing-masing dapat memiliki file dan pengaturan sendiri-sendiri.

Multi-Jendela Dukungan



split screen atau tampilan multi-window adalah salah satu fitur dari Android Nougat 7.0. Sebelumnya hanya ditemukan di phablets menjalankan versi disesuaikan dari OS, mode ini memungkinkan Anda untuk menjalankan dua aplikasi berdampingan. 

Tergantung pada seberapa besar layar yang Anda miliki, multi-tasking pada ponsel Anda mungkin tidak menjadi pengalaman yang ideal, di samping apa yang dapat Anda lakukan pada PC, namun fitur tersebut dapat berguna dalam situasi ketika Anda perlu untuk memasukkan sesuatu dalam satu layar dengan informasi yang Anda miliki di lain aplikasi.

Untuk menggunakannya hanya tekan tahan tombol 'recent apps' sementara dalam sebuah aplikasi. Ini akan membuat layar terbagi menjadi dua, dengan setengah menampilkan aplikasi yang aktif dan setengah yang lain akan menunjukkan aplikasi yang baru saja digunakan. 

Pilih salah satu recent apps dan akan memuat pada separuh layar kedua. Anda dapat menarik garis pemisah untuk mengubah ukuran sesuai kebutuhan.

Perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi mendukung tampilan split screen. Namun, salah satu aplikasi yang sangat berguna adalah Chrome, yang memungkinkan Anda menjalankan dua tab berdampingan. 

Untuk melakukan ini, Anda perlu mengaktifkan fitur tersebut dengan menekan tahan tombol 'recent apps sementara di Chrome, lalu ketuk tiga-pip tombol pengaturan di aplikasi Chrome. Anda akan melihat opsi dalam menu yaitu “Pindah ke Window Lain”. dan selamat menikmati multi window chrome.

Backup semua foto dan video gratis



Sejak Google mengumumkan gratis backup foto unlimited, saya telah merekomendasikan hal ini kepada semua teman-teman dan keluarga. Beberapa dari mereka sudah membayar untuk 'cloud storage' agar tidak kehilangan foto dan video mereka jika suatu saat ponsel mereka rusak. 

Google akan membiarkan Anda menyimpan foto dan video dengan jumlah yang tidak terbatas pada "High Quality" yang menggunakan beberapa kompresi (resolusi 16MP untuk foto, 1080p untuk video), tapi dari apa yang saya amati bahwa kualitasnya masih benar-benar baik. Dan untuk menyimpan dokumen lain selain foto dan video Anda, diberikan 15GB penyimpanan gratis.

Anda memerlukan aplikasi 'Google Foto' di perangkat Android Anda dan mengaktifkan Back up & Sync dari pengaturan aplikasi. Google Foto juga tersedia untuk sistem operasi desktop , sehingga Anda dapat cadangan semua foto Anda pada satu tempat.



Sekarang, back up sangat berguna dan diperlukan, tetapi hal keren tentang Google Foto adalah untukmenemukan dan mengambil foto-foto lama Anda hanya dengan pengenalan wajah dan fungsi pencarian canggih lainnya yang datang sebagai bagian dari paket instalasi.

Mengelola Pemberitahuan yang Mengganggu

pemberitahuan Android sebenarnya bagus dan Google telah meningkatkan terus inti fungsionalitas OS ini dan bagaimana Anda dapat berinteraksi atau menutup pemberitahuan dengan mudah. 

Namun ada kalanya pemberitahuan dapat menjadi berlebihan, atau lebih buruk, beberapa aplikasi suka memberitahukan untuk hal-hal yang sama sekali tidak berguna.

Salah satu cara sederhana adalah mengelola notifikasi Anda satu per satu. Ketika satu pemberitahuan yang tidak diinginkan muncul, tekan tahan kemudian pilih ikon informasi (hanya aktif di Android N). Anda dapat menonaktifkan pemberitahuan dari aplikasi tertentu dan men-tweak pengaturan terkait lainnya.

Pada versi yang lebih lama dari Android ada panel khusus (pergi ke Settings> Pemberitahuan) untuk mengelola pemberitahuan. Secara pribadi saya ingin mematikan semua pemberitahuan dan kemudian secara selektif hanya mengijinkan aplikasi tertentu yang sering saya gunakan untuk dapat memberitahu saya. 

Sebagai contoh, saya mengizinkan Maps, Messaging, Calendar, Uber, dan beberapa aplikasi lain untuk memberitahu saya, saya harus dinonaktifkan setiap aplikasi lainnya termasuk game dan bahkan beberapa fitur built-in OS kecuali saya membukanya.

Instalasi Toko Apps Lain

Kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan, umumnya lebih aman untuk men-download aplikasi hanya resmi dari Google Play Store. 

Namun, sangat memungkinkan untuk menginstal toko aplikasi pihak ketiga di Android Anda, dan salah satu yang aman untuk browsing adalah Amazon AppStore, yang menawarkan sejumlah aplikasi berbayar secara gratis.

Amazon merekomendasikan menggunakan 'link ini' untuk ponsel Android, dan yang 'satu ini' untuk tablet Android. Perangkat Android Anda mungkin mengharuskan Anda untuk mengaktifkan pengaturan 'Sumber Unknown', Anda dapat mengikuti prompt pada layar atau langsung ke menu setting utama ponsel Anda, kemudian mencari entri "Security" atau "Kunci layar dan keamanan." seharus ada "Sumber Unknown" yang dapat Anda aktifkan dan selesai horreeeee.

Install New Apps dari Browser PC Anda



Berbicara tentang App Stores, tidak peduli bagaimana nyamannya membawa komputer kecil di saku Anda, saya masih lebih suka menggunakan PC saya untuk banyak tugas yang bervariasi, termasuk menginstal aplikasi baru di ponsel saya.

Salah satu hal besar mengenai Android adalah bagaimana Android tersebut terintegrasi dengan layanan Google dan itu termasuk Play Store . Anda harus login dengan akun Google yang sama di PC dan ponsel, maka Anda dapat menelusuri Play Store, mengelola dan menginstal aplikasi baru dari browser PC Anda.

Telepon Anda akan menerima instruksi untuk mendownload dan menginstal aplikasi tanpa interaksi yang diperlukan. Begitulah cara saya melakukannya Jika sementara menggunakan laptop/PC.

Hapus Semua Aplikasi pada Recent Apps


Android secara otomatis mengelola penggunaan memori, sehingga aplikasi terbuka di latar belakang tidak memperlambat telepon Anda atau menguras baterai, tetapi Anda dapat memuat mereka lebih cepat ketika Anda perlu. 

Bahkan, Google telah mengkonfirmasi bahwa menutup aplikasi Anda tidak berpengaruh sama sekali untuk meningkatkan baterai life atau kinerja Android, dan bahwa hal itu sebenarnya memiliki efek sebaliknya.

Namun, Anda bisa mengatakan ada sesuatu yang sangat katarsis tentang menutup semua aplikasi Anda, jadi jika Anda benar-benar harus, daripada menutup satu per satu, cukup hanya swipe ke atas/kebawah karena tiap ponsel berbeda dan tekan tombol 'Hapus Semua' untuk menghapus semuanya sekaligus.

Mengelola Aplikasi Bawaan


Salah satu hal besar mengenai Android adalah bagaimana itu dapat di customisasi - meskipun diakui bahwa setup awal dapat sedikit mengganggu, sebagai OS  yang terus bertanya program mana yang Anda inginkan untuk membuka file tertentu atau dihubungkan dengan apa.

Sebelum Android M, Anda bisa memilih default ketika Anda pertama kali membuka jenis file, tapi beralih ke aplikasi default yang baru, nanti adalah proses yang berbelit-belit. 

Dengan Android Marshmallow dan Nougat, bagaimanapun, mengubah aplikasi default setiap saat cukup sederhana.

Untuk melakukan hal ini hanya langsung ke menu Apps pada Pengaturan, Anda akan melihat bagian berlabel default Apps dalam layar Configure apps , di mana Anda dapat menetapkan kembali aplikasi default untuk home, browser, phone, dan SMS serta aplikasi default untuk jenis file tertentu atau link. 

Cara lainnya adalah dengan masuk ke halaman informasi sebuah aplikasi dan Anda akan melihat opsi untuk melihat dan menghapus default. Lain kali Anda melakukan tindakan yang relevan Anda akan meminta untuk memilih default yang baru.

Bonus: Android Easter Egg Game



Hal ini tentu tidak memenuhi syarat sebagai fitur yang "berguna", tapi ini tetap merupakan sisi menyenangkan dari Android.

Google telah memasukan Easter eggs di Android sejak versi 2.3 (Gingerbread), tetapi mulai  lebih rumit pada Lollipop, yang melibatkan Android bertema Flappy Bird clone , sementara Nougat yang mengambil tema “Neko Atsume Kitty Collector”, kucing maya yang mengumpulkan game.

Anda dapat menemukan Easter egg di perangkat Anda dengan pergi ke Settings> About dan menekan versi Android beberapa kali, maka ketika logo Android akan muncul, tekan beberapa kali diikuti dengan menekan tahan gamenya dimulai.

Komentar