Cara menjalankan Aplikasi Android di Google Chrome

Apakah kamu tahu bahwa, kamu dapat menjalankan aplikasi Android di google chrome? Pada tahun 2015, google meluncurkan sebuah tool yang bernama ARC Welder, yang di disain untuk membolehkan para developer untuk mencoba aplikasi mereka pada google chrome, jadi aplikasi tersebut dapat dibuat untuk chrome OS juga.

Tujuan utama dari ACR Welder adalah untuk memudahkan para developr untuk embuat banyak aplikasi untuk 'chrome OS', tapi juga dapat digunakan oleh semua orang yang berkeinginan mendalankan apikasi android mereka pada browser.

Sangat mudah menjalankan aplikasi Android menggunakan ACR Welder, dan dibawah saya akan menjelaskan caranya. Namun untuk diperhatikaan bahwa dalam beberapa kasus, beberapa aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik pada chrome, jadi kamu harus mencoba sendiri aplikasi mana yang dapat berjalan dan tidak pada chrome.

Instal ACR Welder

Bagian yang paling gampang dari semua proses adalah menginstal ARC Welder. Langsung saja ke  halaman Web store chrome untuk ARC Welder dan klik instal.

Setelah instalasi selesai, kamu sudah dapat menjalankan ACR Welder dari halaman aplikasi chrome.

jika perangkatmu dapat menjalankan chrome atau aplikasi chrome, kamu seharusnya juga dapat menggunakan ARC Welder. Ini berarti sudah mendukung semua sistem operasi termasuk Windows 10, macOS, Chrome OS, dan Linux.

ARC Welder di disain untuk Chrome OS dan aplikasi ini akan memunculkan peringatan bahwa terdapat 'bug pada OS tertentu.

Mencari APK Android

ARC Welder didisain untuk membuka file APK, jadi kamu harus mencari dan mendownload file APK dari aplikasi yang ingin kamu jalankan. Kamu tidak dapat mendownlad APK file dari Google Play Store, jadi kamu harus mencarinya pada website lain yang menyediakan file APK android.




Saya merekomendasikan APK Mirror jika kamu ingin mendownload APK file Android, karena mempunyai tampilan interface yang bagus dan kamu dapat mendownload versi lama sekalipun dari aplikasi android yang kamu inginkan. Mereka bahkan memisahkan kategori aplikasi android menurut arsitektur prosesornya. 

Jalankan pada ARC Welder

Ketika file APK sudah didownload, jalankan ARC Welder pada Chrome dan pilih folder dimana ARC welder dapat menulis/membuat file sementara. setelah selesai, klik untuk mencari dan menambahkan APK yang ingin kamu coba, dan akan membawa mu ke halaman konfiguragi. disarankan untuk dibiarkan pada pengaturan defaultnya. Untuk menjalan kan aplikasi, klik 'test'.



ARC Welder hanya dapat menjalankan satu aplikasi, jadi tidak dapat multitasking. Jika kamu ingin membuka aplikasi yang berbeda, kamu harus menutup aplikasi yang sedang digunakan lalu jalankan aplikasi yang baru, clik untuk menghapus APK lama dari ARC Welder, lalu jalankan aplikasi yang baru.

Saya telah mencoba beberapa aplikasi pada Chrome di Windows 10 dan mendapat beberapat bug. 

Beberapa aplikasi bawaan android seperti Gmail, Maps, dan Facebook langsung 'Force close' setelah dibuka, sementara aplikasi seperti Keep dan Microsoft Word nge-hang pada saat loading. Youtube dapat berjalan, tapi terdapat eror berupa tidak dapat mengakses ke 'Google Play Service'. Instagram tidak dapat berjalan, sama dengan Snapchat. 

Tapi kabar baiknya Saya Menemukan beberapa aplikasi yang dapat berjalan pada saat periode test :

  • Twitter dapat berjalan dengan baik, Tapi Animasinya sedikit terlambat
  • AccuWeather ada beberapa glitch/kedap-kedip tapi tetap terbuka.
  • SpeesTest.net dapat berjalan jika kamu mau melakukan test terhadap internetmu.

Ini Twitter berjalan pada ACR Welder di Chrome

Kebanyakan Game yang telah saya coba tidak dapat berajalan, ini bukan hal besar karena ARC Welder tidak dibuat untuk meng-hendel aplikasi 3D yang compleks. Tapi game lama seperti Temple Run dapat berjalan, tapi berjalan pada 3Fps dan itu pun tidak sampai pada menu screen, aplikasinya langsung force close.

ARC Welder tidak didisain untuk menjalankan game Android di browsermu. Tapi lebih ke aplikasi yang dibuat developer untuk 'Chrome OS', yang mana aplikasi non-game dapat berjalan dengan baik..

Dari semua aplikasi yang di test, 40% diantaranya dapat berjalan dengan baik pada ARC Welder.

Aplikasi ini sangat berguna untuk mencoba aplikasi Android di chrome jika kamu tidak mempunyai perangkat android ditanganmu, Tetapi ini jauh dari sempurna jika dibandingkan dengan 'Emulator Android'. 

Jika ARC Welder dapat berjalan dengan aplikasi Android yang ingin kamu coba, thats fantastic, Tapi kam jangan terlalu banyak berharap semua aplikasi dapat berjalan atau berfungsi dengan baik pada aplikasi yang hanya difokuskan pada para developer aplikasi.

Komentar