Tips Meningkatkan kinerja Androidmu (No-Root)

Ponsel Android memiliki kebiasaan akan macet setelah 6 sampai 12 bulan penggunaan (benar kan? sebuah ponsel yang dulunya bekerja super cepat mulai terasa sedikit lamban, loading aplikasi mulai lambat, keyboard ngelag dan animasinya jadi lag. Banyak orang berpikir jika ini terjadi maka ponsel mereka semakin tua dan mulai berpikir untuk membeli yang baru.

Tapi sebelum anda menyerahkan uang tunai dengan susah payah untuk sebuah smartphone baru, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja ponsel lama anda...

Pertama saya akan menjelaskan apa yang telah anda lakukan selama ini ternyata tidak mempunyai efek bahkan memperlambat kinerja ponsel anda..


Membersihkan aplikasi dari Recent apps

Beberapa orang tampaknya berpikir jika mereka menghapus aplikasi dari recent apps, akan membersihkan/mengosongkan ram. ini bukan jamannya android mulai berkembang, sekarang sistem Android telah mengelolah penggunaan RAM dan sumber daya sistem dengan sangat baik. OS secara otomatis menunda atau menutup aplikasi yang tidak anda gunakan, mengosongkan RAM secara otomatis untuk aplikasi yang sedang anda gunakan. Proses ini tidak memerlukan campur tangan pengguna dan bekerja secara konsisten di latar belakang.


Bahkan dengan menutup aplikasi pada recent apps, anda dapat memperlambat kinerja polsel Android anda.

Aplikasi yang ditunda/di suspend pada RAM akan terbuka jauh lebih cepat dari aplikasi yang telah ditutup seluruhnya.

Jika Anda terus menutup semuanya, ponsel anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjalankan aplikasi dari awal. Jadi anda hanya akan memperlambat kinerja ponsel Android anda.

Satu-satunya alasan untuk menutup aplikasi pada recent apps adalah jika aplikasi itu tidak bekerja dengan benar (hang).


Jika anda sudah paham dangan sedikit penjelasan diatas maka dibawah ini merupakan langkah untuk benar benar meningkatkan kinerna Android Anda....

Menghapus / menonaktifkan aplikasi junk (bloatware)

Banyak sekali aplikasi android yang berjalan di latar belakang walaupun kita tidak mebukanya sama sekali. Semakin banyak aplikasi yang di instal di smartphone Anda, semakin banyak pula proses latar belakang yang berjalan. sebagian besar proses tersebut menguras kinerja CPU, dan berpotensi memperlambat dan mengurangi baterai ponsel Anda.



Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai.

Jika ponsel anda hanya menjalakan proses latar belakang untuk aplikasi yang benar-benar Anda gunakan, Anda akan memiliki pengalaman yang lebih mulus dengan ponsel Anda.

Anda juga bisa menonaktifkan sistem aplikasi atau bloatware yang tidak digunakan. Apakah ponsel Android yang Anda beli telah terinstal aplikasi seperti Evernote, Microsoft Word, atau acebook tapi Anda tidak pernah menggunakan aplikasi ini?? 

Langsung saja ke menu 'aplikasi' dilayar pengaturan temukan aplikasi yang tidak Anda gunakan, kemudian klik pada tombol 'menonaktifkan/disable' untuk menyingkirkan mereka dari kehidupan anda wkwkw..

Nonaktifkan Animasi

Salah satu cara untuk membuat ponsel Anda merasa lebih cepat adalah dengan menghapus semua sistem animasi. Anda akan terkejut dengan perbedaannya, karena banyak ponsel menggunakan animasi yang panjang dan menarik untuk meningkatkan nuansa visual implementasi software mereka. 

Saya akan menerangkan bagaimana cara menghapus animasi ini agar aplikasi dan layar dapat berjalan lebih cepat.



Untuk melakukannya, pertama-tama Anda perlu mengaktifkan opsi pengembang. Langsung saja ke 'tentang ponsel/about ponsel' cari 'Build number' lalu tekan pada Build number sebanyak tujuh kali untuk memunculkan opsi 'pengembang/developer options'.

Kemudian langsung buka 'opsi pengembang' pada layar pengaturan dan temukan tiga pilihan berikut : window skala animasi, skala animasi transisi, dan skala durasi animator. Atur semua pilihan tadi ke 'off' dan tanpa banyak rewel ponsel Anda akan terasa sedikit lebih cepat/reponsif untuk digunakan.

Kosongkan ruang penyimpanan

Jika anda kehabisan ruang penyimpanan internal, ponsel Anda dapat memulai untuk memperlambat kinerja penyimpanan flash, biasanya menurun pada saat penyimpanan mendekati kapasitas. 

Dan kapasitas penyimpanan flash dapat menjadi faktor pembatas terbesar pada aplikasi dan seberapa cepat ponsel Anda Secara umum.

Seleain itu, banyak aplikasi Android yang bergantung pada chace data untuk mempercepat pengalaman menjalankan aplikasi, jika tiap aplikasi berjuang untuk mendapat ruang pada chace maka Anda akan melihat adanya lag pada beberapa aplikasi.



Ini biasanya merupakan ide yang baik untuk menjaga 10 sampai 15 persen dari penyimpanan internal Anda tetap kosong setiap saat. Tetap bahkan jika ponsel Anda tidak penuh, menghapus sampah dapat membantu kinerja ponsel.

Cara terbaik untuk mengosongkan penyimpanan internal adalah dengan meng-uninstalaplikasi yang tidak Anda gunakan (seperti yang kita bahas sebelumnya) dan pindahkan data, foto serta video ke PC atau ke internet. 

Jika Anda tidak suka melakukan salah satu hal diatas, Anda dapat membersukan chace data Anda. 

Untuk menghapus data chace langsung ke bagian 'penyimpanan' pada menu pengaturan ponsel anda. kemudian tekan 'chace data' dan klik 'OK' untuk menghapus chace untuk setiap aplikasi.

Gunakan kartu miroSD yang cepat

Menginstal aplikasi pada kartu microSD Anda adalah ide yang buruk, dan hampir selalu mengarah ke pengalaman yang lebih lambat. Tapi kadang kadang ada aplikasi yang menyimpan data pada kartu microSD secara otomatis.

Untuk mempercepat aplikasi ini, Anda harus memasang kartu microSD yang cepat dalam ponsel Anda jika Anda ingin pengalaman yang lebih cepat.

Hapus widget

Tip ini sangat mudah. Widget layar dapat menguras sumber daya sistem ponsel Anda karena menjaga aplikasi tetap terbuka di latar belakang. 

Jika Anda memiliki banyak widget, hapuslah maka anda akan melihat kinerja yang lebih baik pada ponsel anda.

Mengatur ulang ponsel Anda

Ini adalah pilihan terakhir. Sebelum anda frustasi dan membuang ponsel lambat Anda untuk sesuatu yang baru, cobalah untuk me-reset ponsel Anda untuk melihat apakah ada perubahan atau tidak.

Kekurangannya, ini akan menghapus semua aplikasi Anda dan data anda (opsional), jadi pastikan untuk membuat cadangan sebelum anda melanjutkan.



Fitur factory reset dapat di temukan pada menu pengaturan pada tab ' Backup dan reset' , di dalamnya anda akan menemukan pilihan 'backup' dan 'factory data reset', pilih dan ikuti petunjuknya.







Komentar